Cara Perhitungan Tingkat Kebisingan (La ke Leq)

Salah satu piranti yang digunakan untuk pengukuran kebisingan adalah Sound Level Meter (SLM). Sound Level Meter sudah banyak sekali kita jumpai dipasaran dengan harga yang bervariasi mulai > Rp. 2 juta sampai ratusan juta, namun tidak semua perusahaan mempunyai budget yang besar untuk membeli SLM dengan harga yang mahal.Pada dasarnya SLM yang lengkap sangat memudahkan kita untuk melakukan pengukuran karena sudah dapat mengkonversi dari Tingkat kebisingan aktual (La) ke Tingkat kebisingan ekivalen (Leq).

Dalam artikel ini kita membahas bagaimana perhitungan dari La ke Leq.  Saat pengukuran untuk SLM yang tidak dilengkapi dengan perhitungan konversi ke Leq, disarankan untuk mengambil data yang banyak pada satu periode pengukuran, jangan lupa SLM kita setting ke mode slow dan pembebanan dBA.

Data yang kita kumpulkan tidak bisa kita hitung dengan rata-rata biasa namun harus pakai perhitungan statistik serta logaritma, dengan memasukkan rumus berikut:

Image

Dengan menggunakan microsoft excel, sangat memudahkan kita untuk melakukan perhitungan tingkat kebisingan selama 8 jam, seperti contoh dibawah :

Image

 

One thought on “Cara Perhitungan Tingkat Kebisingan (La ke Leq)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s